Assalamualaikum Wr. WB.
Halo brothers and sisters,pada postingan kali ini saya akan membahas STP dari proposal bisnis saya yaitu bisnis arena futsal.STP merupakan singkatan dari segmenting,targeting,dan positioning.Sebelumnya saya ingin menamakan arena futsal saya dengan nama "Futsaland" yang artinya ranah futsal.Kembali lagi ke STP,pertama segmenting,segmenting merupakan pengelompokkan yang terdiri dari demografi seperti usia,kalangan,maupun status sosial.Kemudian targeting yaitu hasil yang ingin dicapai ,dan positioning yaitu misalnya membuat slogan atau logo serta strategi agar dapat bersaing di pasaran.
Segmenting
Secara demografi,bisnis saya ini diperuntukkan bagi kalangan remaja hingga orang dewasa khususnya pria kurang lebih antara usia 12-38 tahun dan ditujukan kepada kalangan menengah ke atas.Bisnis arena futsal tersebut akan dibangun di daerah Jabodetabek.
Targeting
Sasaran pelanggan bisnis saya ialah para pelajar dan pekerja.Biasanya mereka meluangkan waktu bersama teman-teman dengan berolahraga salah satunya olahraga futsal.Oleh karena itu,saya akan membangunnya di daerah jabodetabek karena banyak penduduk dan dibangun disekitar sekolah,universitas,maupun perkantoran agar sasaran pengunjung tepat.
Positioning
Agar dapat bersaing dengan arena futsal yang lain,salah satu cara yang paling efektif ialah soal tarif.Tarif yang saya berikan cukup terjangkau hanya Rp 50.000 untuk hari biasa dan Rp 80.000 untuk hari libur/weekend.Nantinya saya juga akan meluncurkan member card,jadi dengan memiliki member card maka pelanggan akan mendapatkan potongan sebesar Rp 15.000 dan free parking.Bagi yang ingin memiliki member card,terlebih dahulu mendaftarkan diri dengan biaya sebesar Rp 30.000 untuk 1 tahun dan juga akan mendapatkan gantungan kunci serta sticker dengan logo/tulisan Futsaland serta slogan "Futsal is my passion".Gantungan kunci dan sticker tersebut merupakan sebagai bagian dari promosi agar masyarakat lebih mengenal dan mau datang.
No comments:
Post a Comment